Senin, 05 November 2018

Install DNS Server pada Debian 7

 Assalamuallaikum Wr,Wb . Bagaimana sobat networking ? Semoga sehat-sehat saja ya . Kembali lagi bersama saya untuk membagikan sedikit ilmu yang saya dapat kepada sobat networking . Nah, kali ini saya akan memberikan ilmu tentang Cara Install DNS Server pada Debian 7 . Pasti sobat networking sudah tidak sabar ya? Eits , Tapi sebelumnya kita bahas sedikit apa itu DNS Server.



  DNS atau Domain Name System adalah sebuah distribute data base system pada komputer yang seringkali digunakan untuk melakukan pencarian nama pada komputer dalam sebuah jaringan yang menggunakan TCP atau IP. Selain itu, DNS juga merupakan sebuah aplikasi servis yang seringkali digunakan pada sebuah jaringan internet yang dapat berguna untuk melakukan penerjemahan domain ke dalam IP address.

  Nah itu sedikit penjelasan dari DNS Server, jika sudah paham langsung saja kita ikuti tutorialnya.
Simak baik-baik ya sobat .


INSTALL DNS SERVER

1. Install terlebih dahulu Paket DNS nya dengan cara "apt-get install bind9 -y"


2. Setelah Install Paket DNS nya selanjutnya lakukan konfigurasi berikut. 
"nano /etc/bind/named.conf"


3. Setelah melakukan konfigurasi diatas, maka akan tampil seperti dibawah ini.


4. Dibaris paling bawah kalian tambahkan script seperti gambar dibawah ini berikut. Setelah konfigurasi selesai jangan lupa untuk di Simpan ya sobat "Ctrl+X+Y+Enter".


5. Kemudian copy file forward dan reverse untuk konfigurasi lebih lanjut. File forward berfungsi untuk konversi dari Domain ke Ip Address da File Reverse berfungsi untuk konversi Ip Address ke Domain. Lakukan Konfigurasi seperti dibawah ini .

FORWARD
REVERSE
6. Setelah melakukan Konfigurasi diatas. Kita Masuk ke File Forwardnya sobat .





7. Setelah melakukan konfigurasi seperti diatas. Maka akan muncul tampilan berikut .
Nah sobat Lakukan konfigurasi seperti berikut. Ubah nama localhost 
dengan domain yang anda buat pada saat konfigurasi di "nano /etc/bind/named.conf" disini domain saya pluviopedia.net. Nah disini saya akan memberi tahu cara cepat agar tidak satu satu mengganti/mengubah nama localhostnya. Caranya dengan cara "Ctrl => W + Ctrl => R + localhost + Enter + bismillah.net + Enter + Kemudian klik tombol A + Enter "

Keterangan :

  • CTRL + W untuk Mencari
  • CTRL + R untuk Replace
  • Selanjutnya Tombol A untuk memilih semua yang akan di replace .
Untuk lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini .


8. Setelah melakukan hal diatas kemudian Repalce, maka akan seperti pada gambar dibawah Localhost sudah diubah menjadi domain yang sudah kita tentukan tadi. Kemudian dibagian bawah edit seperti gambah dibawah. IP 127.0.0.1 diubah menjadi IP kita misal IP saya 192.168.20.1 dan dibagian paling bawah diubah juga yang asalnya @ menjadi www dan AAAA menjadi A dan tambahkan IP kita 192.168.20.1 Kemudian save "CTRL+W+Y+ENTER", untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini



9. Kemudian masuk ke file reverse.


10. Setelah masuk ke file reverse , sobat networking lakukan hal yang sama pada saat mengubah nama localhostnya dengan cara "CTRL=>W + CTRL=>R + localhost + Enter + bismillah.net + Enter + A" . Ketika sudah diganti menjadi domain yang sudah kita tentukan tadi. Selanjutnya pada 1.0.0 diganti menjadi 3 blok akhir IP kita dan dibalik. Misalkan IP nya 192.168.20.1, Nah IP saya tersebut dibalik dan diambil 3 blok terakhir menjadi 1.20.168 . Lebih Jelasnya bisa dilihat gambar di bawah .


Jangan lupa sobat simpan dengan perintah "CTRL+X+Y" 

10. Setelah di Simpan hasil konfigurasi diatas kemudian restart paket DNS / bind9 nya dengan cara "/etc/init.d/bind9 restart"

Setelah berhasil menyimpan dan merestart bind9 nya maka akan muncul seperti gambar dibawah ini 



11. Setelah restart paket DNS/bind9 nya, Kalian tambahkan IP dan DNS server sesuai di Debian 7 virtual di PC kita/Client .


12. Setelah menambahkan IP, kemudian masuk ke CMD di PC kita/Client 

 

Jika muncul seperti gambar diatas berarti konfigurasi sobat networking berhasil .

 Terimakasih telah membaca tulisan / artikel di atas tentang Cara Install DNS pada Debian 7 . Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat bagi sobat networking yang membaca dan jangan lupa bagikan ilmu ini kepada siapapun .












0 komentar:

Posting Komentar